Penganugerahan Badan Publik Tahun 2020

Penganugerahan Badan Publik Tahun 2020

Kota Serang - Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten menggelar penganugerahan Badan Publik Tahun 2020, Acara yang dibuka oleh Gubernur Banten (Dr. H. Wahidin Halim, M.Si) secara online atau virtual meeting dan offline, di Gedung Negara  Provinsi Banten Jl Brigjen Ki Syam'un No. 5 Kota Serang (Kamis, 10/12/2020).

Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten meraih Penghargaan dengan kategori Menuju Informatif penghargaan diberikan dalam rangka apresiasi hasil evaluasi terkait transparansi tentang Keterbukaan Informasi oleh Komisi Informasi (KIP) Provinsi Banten.

Sebagaimana diketahui KI Banten melaksanakan Monev 2020 terhadap 99 Badan Publik terdiri dari 4 Kategori pemerintah kabupaten/Kota, BUMD, Lembaga Non Struktural (LNS) dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten yang berlangsung dari mulai Juli hingga November 2020

Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten, Hilman menyampaikan penganugerahan Badan Publik adalah bagian dari implementasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kepatuhan tersebut diawali dengan kewajiban Badan Publik dalam mengumumkan informasi publik yang dimilikinya sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya melalui website resmi yang dimiliki Badan Publik.

“Pada tahapan berikutnya memastikan ketersediaan prasarana dan sarana Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi (PPID),” katanya. 

 

"Ia menegaskan, bahwa orientasi keterbukaan informasi adalah bukan permohonan informasi, tapi memberikan kemudahan akses informasi".

 

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten (Gunawan Rusminto, AP., M.Si) menilai "Keterbukaan informasi publik merupakan pintu, sekaligus penentu, bagi terciptanya pemerintahan yang baik (good governance), sesuai dengan misi pertama Provinsi Banten yakni menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik,”

“Oleh karenanya Keterbukaan Informasi di Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten harus ditingkatkan lagi dengan capaian Badan Publik yang Informatif”