Rakor dengan Mendagri, Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Daerah Diminta Inovatif Dalam Rangka Merespon Situasi Terkini

Rakor dengan Mendagri, Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Daerah Diminta Inovatif Dalam Rangka Merespon Situasi Terkini

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan terdapat beberapa arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada para Penjabat Kepala Daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah. Di antaranya, Penjabat Kepala Daerah untuk dapat berinovasi dalam menghadapi situasi dan kondisi terkini. 

Demikian disampaikan Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi Penjabat Kepala Daerah serta Pengarahan dan Pembekalan Dalam Rangka Konsolidasi Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik di Daerah serta Menguatkan Sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilakukan secara virtual, Selasa (1/11/2022). 

"Beberapa hal yang menjadi arahan Bapak Mendagri tentu akan kita laksanakan bagaimana kita fokus kepada penanganan inflasi, penangan stunting dan beberapa hal lain daerah diminta inovatif dalam rangka merespon situasi terkini," ungkap Al Muktabar. 

Lebih lanjut, kata Al Muktabar, arahan lainnya di antaranya memberikan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya, baik itu dalam rangka investasi maupun pelayanan dasar. Yakni pelayanan pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur. 

 

"Tadi Pak Mendagri memberikan instruksi kepada kita agar menjalankan tugas pemerintah dengan sebaik-baiknya," katanya. 

Sementara terkait dengan penanganan inflasi, Al Muktabar menuturkan pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi yang intens dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri. 

"Kita sudah melakukan beberapa hal dalam penanganan inflasi, bahkan dipandu oleh Mendagri setiap hari Senin kita diberikan arahan untuk kita bisa melaksanakan tugas itu," imbuhnya. 

Menurutnya, baik itu melakukan penanganan inflasi serta penanganan stunting dan gizi buruk dibutuhkannya turut serta semua pihak, sehingga diharapkan dengan dilakukan bersama hal itu dapat segera ditangani. 

"Karena pada prinsipnya jika kita lakukan bersama-sama maka ini dapat kita tangani dengan baik," tandasnya.